Saturday 7 December 2019


 LDK (LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN ) MTs N 2 KOTA SEMARANG
MEMBINA KADER PEMIMPIN YANG JENIUS DAN RELIGIUS



Semarang - Generasi muda yang unggul merupakan dambaan bagi setiap bangsa. Untuk itu MTs. Negeri 2 Kota SemaRang berusaha menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa kelas 7 dan 8 melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).
LDK ini bertujuan untuk mencetak siswa-siswi MTs.N 2 Kota Semarang yang berkarakter untuk peningkatan sumber daya peserta didik, mendalami dan memahami tentang konsep dasar organisasi di madrasah, melalui kegiatan OSIM,  PRAMUKA dan PMR.
Bertempat di desa Gogik, Ungaran Barat, Semarang Jum’at dan Sabtu (29-30/11) kegiatan LDK dibuka oleh Kepala MTs N 2 Kota Semarang, Fathul Hadi. Dia berpesan agar siswa dapat mengikuti kegiatan LDK dengan baik.
"Ikuti kegiatan LDK dengan baik karena akan memberikan manfaat bagi pribadi kalian. Harapannya dengan mengikuti LDK akan menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan," kata Fathul Hadi saat membuka kegiatan.
Kegiatan LDK dipandu oleh Instruktur yang berpengalaman dari  PMR dan Pramuka, Instruktur memberikan berbagai materi yang mencakup pembentukan mental dan kecakapan fisik.
“Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan modal dasar yang harus dikuasai dan dipahami oleh setiap peserta LDK,” tutur Ansori dan bambang haris yang disampaikan di Aula Desa Gogik, semirang. Selain itu, dia berpesan kepada siswa agar wawasan kebangsaan ini dipedomani dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya, instruktur mengajak peserta LDK untuk latihan fisik di halaman dsa gogik dan naik ke air terjun semirang. Melalui berbagai kegiatan individu dan kelompok, latihan baris-berbaris, dan latihan dasar organisasi diharapkan bisa membentuk kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan siswa. Berbagai tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam berbagai latihan tentunya memiliki sifat membangun karakter mereka yang positif.
Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama yang dipandu oleh Kak lulu dan kak khamidah dari pramuka. “ Dari kegiatan makan siang yang tertib dan teratur pun bisa membentuk karakter kedisiplinan siswa dengan antri saat mengambil makanan, duduk dengan rapi, berdoa bersama dan makan sampai habis,” terangnya.
Acara ditutup dengan permainan “fun game” yang meliputi kekompakan dalam kelompok dan naik ke gunung semirang tepatnya air terjun. Disitulah siswa belajar bagaimana mengahadapi tantangan dan rintangan yang kedepannya bermanfaat bagi siswa dalam menghadapi kehidupan kelak dewasa. (mursyid)




No comments:

Post a Comment

MTsN 02
Semarang, Jawa tengah, Indonesia
Bismillah, insyaallah dengan petunjuk dan pertolongan Allah Azza wa Jalla, MTsN 02 Semarang berkomitmen mengabdikan diri guna membina generasi lulusan SD dan MI dalam sisi pendidikan ilmiah qurani. Sesedikit apa pun yang bisa kami berikan, semoga akan menjadi bekal dan cikal bakal kesuksesan dunaiwi dan ukhrawi generasi muda muslim dalam mengemban amanat kehidupan. Setidak-tidaknya untuk kesalehan diri pribadi. ""ALLAHUMMA A'INNIY 'ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA KHUSNI 'IBADATIK''